konsultan pajakjasa auditjasa akuntansi

Program Aplikasi Akuntansi Membantu Manajemen Akuntansi

program aplikasi akuntansi

Di jaman yang semakin maju seperti ini, sebagai seorang pelaku usaha tentunya sangat menginginkan suatu manajemen yang baik dalam mengelola usahanya. Namun terkadang seorang pelaku usaha tidak bisa mengontrol dengan mengetahui dengan tepat, cepat dan secara pasti tentang omset pendapatan mereka. Bahkan para pelaku usaha akan membutuhkan waktu selama berhari untuk sekedar mengetahui jumlah dan tata kelola omset pendapatan selama satu tahun. Untuk itulah kini muncul beberapa program aplikasi akuntansi yang banyak beredar di Indonesia. Dimana sebuah software akuntansi diciptakan guna memudahkan pelaku usaha dalam proses manajemen dan pengelolaan akuntansinya.

Manfaat program aplikasi akuntansi bagi manajemen akuntansi.

Banyaknya fakta yang menunjukkan pelaku usaha sekarang ini belum bisa untuk mengelola dengan baik manajemen omset penjualannya, hal ini kebanyakan dikarenakan karena pencatatan yang masih dilakukan secara manual atau hanya menggunakan aplikasi worksheet atau spreadsheet yang secara umum biasanya tidak saling terintegrasi, dimana hal tersebut sangat menghambat dalam proses manajemen yang nantinya akan dilakukan. Akan tetapi demi mendapatkan dukungan kelancaran dalam manajemen akuntansi yang dilakukan oleh pelaku usaha, kini banyak pelaku usaha yang menggunakan suatu aplikasi akuntansi demi kelancaran proses akuntansi dan memudahkan dalam segala aktivitas akuntansinya.

Suatu perangkat lunak akuntansi biasanya dirancang secara khusus demi memudahkan aktivitas akuntansi dengan menggunakan atau memanfaatkan konsep modularitas berdasar rangkaian aktivitas serupa dengan modul-modul yang spesifik seperti account payable atau pembelian, account receivable atau penjualan, buku besar, penggajian dan lain sebagainya. Sehingga piranti lunak ini semakin dikembangkan dengan penyesuaian kebutuhan atau keperluan setiap pelaku usaha. Suatu program aplikasi akuntansi secara umum biasanya memiliki fitur-fitur seperti multi user, multi company, fitur berbagai bahasa, multi cabang, multi currency, modul AR, AP, GL, Stock, payroll dan lain-lain.

Bayangkan jika seorang pelaku usaha harus melakukan manajemen akuntansi secara manual, dalam proses aktivitas manajemen seorang pemilik usaha harus dengan bersusah payah demi mendapatkan karena mungkin bahkan tidak memiliki data akurat tentang piutang customer misalnya. Itu artinya akan banyak urusan piutang yang nantinya tidak ditagih dengan tepat waktu, dimana hal tersebut akan sangat mempengaruhi cash-flow dari sebuah perusahaan, dan parahnya lagi, nantinya seorang pelaku usaha bahkan tidak akan mengetahui jika ada piutang telah lewat jatuh tempo sangat lama, dan itu artinya akan banyak piutang yang tak tertagih dikarenakan lemahnya suatu manajemen yang dilakukan pelaku usaha.

Hal tersebut juga akan dialami dalam tata kelola stock. Jika seorang pelaku usaha tidak punya sebuah informasi yang selalu bisa diakses secara cepat tentang berapa stock bahan ataupun barang yang ada, maka pelaku usaha harus direpotkan dengan cek terlebih dulu ke gudang. Dimana implikasinya akan sangat rawan penyimpangan serta penggelapan. Tanpa memakai sebuah aplikasi software akuntansi, maka jika pelaku usaha membutuhkan suatu informasi tertentu maka harus meminta ke bagian terkait yang mana akan memerlukan waktu dalam mempersiapkannya.

Akan tetapi jika menggunakan program aplikasi akuntansi, pelaku usaha bisa memonitor secara langsung segala informasi yang ingin diketahui lewat perangkat komputer secara real-time, hal tersebut dimungkinkan karena software akuntansi bersifat multi-user sehingga komputer yang berlainan namun dalam jaringan LAN bisa mengakses segala informasi yang sama. Jika anda pelaku usaha atau siapapun yang membutuhkan aplikasi tersebut bisa mendapatkannya di auditpembukuan.com