4 Tahapan Jasa Audit Perusahan Yang Harus Dilakukan

Tahapan Jasa Audit Perusahan

AUDITPERUSAHAAN.COM – 4 Tahapan Jasa Audit Perusahan Yang Harus Dilakukan Bisa anda ingin mencari jasa audit perusahaan maka ada sejumlah Tahapan yang harus anda lakukan supaya jelas dikarenakan kegiatan ini haruslah sistematis tidak boleh sembarangan dan tidak di boleh dilakukan oleh sembarang orang. Audit adalah aktivitas pengumpulan dan pemeriksaan bukti terkait perusahaan baik informasi data dan informasi keuangan dalam menentukan dan membuat sebuah laporan perusahaan.

Sedikitnya ada empat tahapan jasa audit perusahaan yang harus dilakukan dengan baik dan benar oleh anda dan auditor dikarenakan tujuannya yaitu agar memastikan seluruh transaksi yang terjadi untuk sebuah perusahaan sudah dicatat dan dimasukkan pada jurnal dengan lengkap. Selanjutnya kelengkapan transaksi menjadi penting yang nantinya akan menjadi bukti transaksi untuk sebuah perusahaan.

Tahapan Jasa Audit Perusahan

Di bawah ini adalah beberapa tahapan bagi anda dan auditor ketika melakukan jasa audit perusahaan terutama untuk audit keuangan dan lain sebagainya dan silakan untuk anda baca secara seksama.

Perikatan audit

Untuk Tahapan pertama dalam jasa audit perusahaan yang harus dilakukan yaitu adanya penerimaan perikatan audit dimana pengertian perikatan adalah kesepakatan di antara 2 belah pihak dalam mengadakan suatu ikatan perjanjian dimana seorang klien atau konsumen yang membutuhkan jasa audit mengadakan agreement atau sebuah perjanjian dengan auditor.

Nantinya klien akan menyerahkan pekerjaan audit kepada auditor agar bisa melaksanakan pekerjaan audit berdasarkan kompetensi profesional.

Sehingga untuk langkah awal yaitu menerima perikatan audit dari calon klien dan selanjutnya ada beberapa hal yang wajib diperhatikan diantaranya melakukan evaluasi yang terintegrasi tas manajemen selanjutnya menentukan kompetensi dan melakukan identifikasi keadaan khusus dan risiko, setelah itu menentukan kualitas untuk menguji kemahiran dan lain sebagainya.

Perencanaan audit

Selanjutnya yang harus dilakukan yaitu perencanaan proses audit di mana ada beberapa hal yang wajib dipahami sebelum merencanakan audit yaitu anda harus memahami bisnisnya terlebih dahulu dikarenakan pihak klien nantinya akan memberikan tutor terkait sumber informasi yang akan diberikan kepada auditor perusahaan.

Untuk masalah prosedur analitik yang dilakukan pada tahapan audit biasanya meliputi identifikasi perhitungan, analisa data, identifikasi perbedaan signifikan, dampak dari hasil prosedur analitik, dan beberapa hal lainnya.

Perencanaan proses audit haruslah dipertimbangkan dengan matang seperti faktor memberikan pengaruh saldo, pemahaman pengendalian intern, pengembangan strategi audit dari awal, risiko perencanaan audit, dan lain sebagainya.

Pelaksanaan pengujian audit

Untuk tahapan selanjutnya yaitu pelaksanaan pengujian audit dan biasanya pada tahapan ini akan dilakukan pengujian analitik, pengujian substantif, dan beberapa pengujian pengendalian.

Untuk pengujian analitik dilakukan oleh auditor perusahaan dan biasanya mereka mempelajari seluruh data dan informasi yang ada kaitannya dengan bisnis klien dan selanjutnya akan dibandingkan dengan data yang lain/

Untuk pengujian analistik dilakukan agar bisa melakukan evaluasi terhadap informasi keuangan yang satu dengan yang lain dan bertujuan melakukan pengujian yaitu mendapatkan asersi tertentu yang ada kaitannya dengan saldo rekening dan jenis transaksi yang lain pada sebuah perusahaan.

Selanjutnya Mereka pun akan melakukan pengujian substantif yaitu pengujian yang bisa menjadi penentu Apakah seluruh tujuan audit Sebenarnya ada kaitan dengan transaksi tercatat sudah terpenuhi pada setiap kelas transaksi.

Pelaporan audit

Selanjutnya untuk tahapan terakhir yaitu pelaporan audit keuangan dan menjadi media yang dipakai oleh auditor untuk melakukan komunikasi dengan pihak eksternal dan lainnya.

Selanjutnya laporan tersebut adalah laporan berbentuk komunikasi auditor dengan pihak klien dan selanjutnya pelaporan audit tidak boleh sembarangan dikarenakan harus sesuai dengan bukti yang ada dilapangan,

Selanjutnya laporan audit wajib mempunyai kejelasan informasi yang akan diberitahukan diantaranya jenis jasa yang diberikan, lingkup audit pelaksanaan, terkait objek audit, rekomendasi dan tujuan audit apakah untuk memperbaiki kekurangan dan lainnya.

Selanjutnya yang harus Anda pahami apabila laporan audit menjadi pertanggungjawaban yang sangat besar yang menjadi penentu untuk menjalin kerja sama atau tidak dan pelaporan terkait audit yang sudah dilakukan otomatis nantinya berdampak positif pada proses penyusunan laporan keuangan perusahaan.

Sehingga pemilihan jasa audit perusahaan tidak boleh sembarangan dan wajib mengikuti sejumlah tips yang telah kami bahas pada artikel sebelumnya.

Penutup

Itulah penjelasan kami tentang tahapan jasa audit perusahaan yang harus dilakukan oleh anda selaku klien dan bersama auditor dengan tujuan supaya memberikan hasil data audit yang sesuai dengan kenyataan.